Kekhusyu’an Orang Salaf

Orang-orang salaf yang sholeh telah ada yang mencapai derajat kekhusyu’an yang menakjubkan ketika sedang sholat. Salah satu contohnya adalah ketika salah satu dari mereka sedang mengerjakan sholat, ada burung yang jatuh di atasnya. Namun, dia sangka itu adalah pagar atau batu. dikarenakan sangat tenangnya dia ketika sedang sholat dan lamanya dia berdiri dan sujud. Dan contoh yang lain pernah terjadi sebuah kejadian di penduduk Bashroh, ada tiang yang roboh yang mana tiang tersebut membuat hati orang-orang di pasar menjadi risau. Namun, sebagian orang-orang salaf yang sholeh tidak merasakan apa-apa. Dikarenakan mereka telah terhanyut didalam sholat. Mereka berkata kepada keluarga dan anak-anaknya : “Ketika aku dalam keadaan sholat, maka kerjakanlah apa yang terlintas di dalam pikiran kalian semua – yaitu berupa mengeraskan suara dan membuat banyak kegaduhan- maka, sesungguhnya aku tidak akan merasakan apa yang kalian kerjakan”. Dan ketika anak-anak mereka memukul kendang disampingnya, dia pun tak merasakannya.

Contoh yang lain : ketika rumah Ali Bin Alhusain Rodliallahu ‘anhuma terbakar api, dan beliau masih dalam keadaan sujud, seluruh penduduk berteriak kepadanya : “ Api …, api ….. wahai cucu Rosululloh”. Akan tetapi beliau tidak mengangkat kepalanya sedikitpun. Maka ketika beliau telah selesai sholat, diceritakan hal itu kepadanya. Beliau berkata : “Api akhirat telah mengalihkan perhatianku dari api tersebut”.

Dikatakan lagi kepada sebagian orang salaf yang sholeh : “Apakah engkau pernah menemukan seperti apa yang aku temukan?”. Dia menjawab: “ perbedaaanku di dalam bertabiat lebih saya cintai dari pada itu”.

Dikatakan lagi kepada yang lainnya : “Apakah hatimu terbisikkan oleh sesuatu pada waktu sholat ?”. Dia menjawab : “Adakah sesuatu yang lebih menyenangkanku dibandingkan sholat, sehingga membuat diriku berbisik kepada hatiku ketika aku sholat?“

Pernah ada seorang pencuri yang sedang mencuri kuda milik Robi’ bin Khoisam pada waktu ia sholat. kemudian seluruh warga ramai-ramai memanggilnya. Lalu ia berkata : “Sebenarnya saya tahu ketika pencuri itu melarikannya”. Mereka berkata : “Apabila kamu mengejarnya kamu dapat menangkapnya”. Lalu ia menjawab : “Sholatku lebih saya cintai dibandingkan seekor kuda. Dan kuda itu sudah halal untuknya”.

Hukuman Bagi Orang Yang Meninggalkan Sholat

Ketahuilah sesungguhnya paling ingkarnya kemungkaran, paling besarnya dosa besar, paling jeleknya keharaman adalah ditinggalkannya sholat maktubah oleh sebagian kaum muslimin.

Diriwayatkan dari Abu Darda’ Rodliallahu ‘anhu berkata : Rosulullah Shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ تَرَكَ الصَّلاَةَ مُتَعَمِّدًا فَقَدْ بَرِئْتُ مِنْهُ الذِمَّةَ (رواه إبن ماجه و بيهقي)

Barang siapa meninggalkan sholat, maka aku tidak akan menenggungnya”. (Diriwayatka oleh Ibnu Majah dan Baihaqi).

Dari Ibnu Abbas Rodliallahu ‘anhu berkata : Rosulullahu Shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ تَرَكَ الصَّلاَةَ مُتَعَمِّدًا لَقِيَ اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ غَضْبَانُ (رواه الطبراني وإسناده حسن)

Barang siapa meninggalkan sholat dengan sengaja, maka Allah akan menemuinya dalam kedaan murka” (Diriwayatkan oleh At Thobaroni dan sanadnya hasan)

Dan dalam Periwayatan At Thobaroni, dari Anas bin Malik Rodliallahu ‘anhu :

مَنْ تَرَكَ الصَّلاَةَ مُتَعَمِّدًا فَقَدْ كَفَرَ جِهَارًا .

Barang siapa meninggalkan sholat dengan sengaja, maka dia kufur secara terang-terangan”.

Dari Abdullah bin Umar Rodliallahu ‘anhuma : Sesungguhnya pada suatu hari Rosulullahu Shollallohu ‘alaihi wasallam pernah menyinggung tentang masalah sholat kemudian Beliau bersabda :

مَنْ حَافَظَ عَلَيْهَا كَانَتْ لَهُ نُوْرًا وَبُرْهَانًا وَنَجَاةً يَوْمَ اْلقِيَامَةِ, وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا لَمْ تَكُنْ لَهْ نُوْرًا وَلاَ بُرْهَانًا وَلاَ نَجَاةً وَكَانَ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ مَعَ فِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَقَارُوْنَ وَأُبَيِّ ابْنِ خَلَفْ لَعَنَهُمُ اللهُ (رواه الإمام أحمد وابن حبان في صحيحه)

Barang siapa menjaga sholat maka sholatnya akan menjadi cahaya, bukti dan keselamatan baginya pada hari qiamat. Dan barang siapa tidak menjaga sholat maka dia tidak akan memperoleh cahaya, bukti dan keselamatan. Dan besok pada hari qiamat dia akan bersama-sama dengan Fir’aun, Haman, Qorun dan Ubay bin Kholaf. Semoga Allah melaknati mereka”. (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Hibban dalam kitab shohihnya)

Dari Buraidah Rodliallahu ‘anhu berkata : Rosulullahu Shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda :

بين الرجل وبين الكفر ترك الصلاة (رواه مسلم وغيره)

Di antara seorang laki-laki dan kekufuran adalah meninggalkan sholat” (Diriwayatkan oleh Imam Muslim dan lainnya)

Dan Imam At Tirmidzi meriwayatkan :

كَانَ أَصْحَابُ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم لاَ يَرَوْنَ شَيْئًا مِنَ اْلأَعْمَالِ تَرْكُهُ كُفْرٌ غَيْرَ الصَّلاَةِ.

Para Shohabat Rosulullah Shollallohu ‘alaihi wasallam tidak pernah melihat suatu amal yang apabila bisa menjadikan kufur selain sholat”

Dari Hammad bin Zaid, dari Ayyub berkata :

تَرْكُ الصَّلاَةِ كُفْرٌ لاَ يُخْتَلَفُ فِيْهِ.

Meinggalkan sholat adalah kekufuran yang tidak diperselisihkan lagi”.

Menurut Ishaq : “Sesungguhnya semua itu adalah pendapatnya ahli pengetahuan yang berasal dari Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam”.

Di dalam kitab At Targhib Wattarhib karangannya Imam Mundziri, dari Ibnu Hazm sesungguhnya telah datang keterangan dari Umar bin Khottob, Abdur rohman bin Auf, Muadz bin Jabal, Abu Huroiroh, dan sahabat selain mereka Rodliallhu ‘anhum : “Sesungguhnya orang yang meninggalkan sholat wajib dengan sengaja sampai keluar waktunya maka orang tersebut adalah kafir yaitu murtad.Dan saya tidak mengetahui para sahabat yang berselisih tentang pendapat tersebut”.

Imam Mundziri berkata : Para Sahabat dan orang setelahnya telah memilih (berfatwa) mengkafirkan orang yang sengaja meninggalkan sholat sampai keluar waktunya. Para Sahabat tersebut diantaranya adalah Umar bin Khottob, Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Muadz, Jabir dan Abu Darda’. Dan dari selain Para Sahabat di antaranya adalah Imam Ahmad bin Hambal, Ishak, Ibnu Mubarok, Nakho’i, Hakam bin Utaibah dan yang lainnya.

Sebagian orang salaf berkata: Diterangkan dalam kitab Taurot, Injil, Zabur, dan Al qur’an, bahwa orang yang meninggalkan sholat akan dilaknat. Setiap hari akan diturunkan seribu laknat dan seribu kemarahan kepadanya, sedangkan malaikat melaknatinya dari atas langit ke tujuh.

Orang yang meninggalkan sholat tidak mendapatkan bagian di telaga, dan didalam syafaat dia tidak akan dijenguk ketika sakit, jenazahnya tidak ada yang mengantar dan tidak diucapkan salam kepadanya, tidak ada orang yang mau makan dan minum bersamanya, tak ada teman untuk diajak bicara, tidak ada agama baginya, tidak ada kepercayaan baginya dan dia tidak mendapatkan rahmat dari Allah. Dia akan bersama orang-orang munafik didalam neraka yang paling dasar.

Orang yang meninggalkan sholat akan dilipat gandakan siksanya pada hari qiamat nanti. Kedua tangannya terbelenggu di leher serta malaikat memukulnya. Dan neraka jahannam dibuka untuknya kemudian dia dilemparkan kedalam neraka seperti halnya anak panah, lalu kepalanya dijatuhkan di dasar neraka berada disebelah Qorun, Haman dan Harun.

Ketika makanan diangkat ke mulutnya, maka makanan tersebut berkata kepadanya : “Semoga Allah melaknatimu wahai musuh Allah, engkau makan rizqi yang telah diberikan oleh Allah akan tetapi kamu tidak mau melaksanakan kewajibannya”.

Orang yang memutus sholat, pakaian yang menempel di badannya akan terlepas dari badannya dan pakaian tersebut berkata kepadanya : “Seandainya Tuhanku tidak memaksaku untukmu, maka aku akan lari darimu”. Dan ketika keluar dari rumahnya, maka rumahnya berkata : “Semoga Allah tidak menemanimu dalam perjalananmu, dan tidak menampakkan bekas perjalananmu dan tidak mengembalikanmu kepada keluargamu dengan selamat. Orang yang memutus sholat akan dilaknat pada masa hidup dan matinya, dan akan mati dalam keadaan Yahudi dan akan dibangkitkan dari kubur dalam keadaan Nashroni. Siksa–siksa ini yang paling banyak diberikan adalah kepada orang yang meninggalkan sholat secara ingkar dan menyimpang.

* * * * * * *

Sumber: Qul Hadzihi Sabili oleh Sayyidunal Imam Al Habib Muhammad bin ‘Alawi Al Maliki Al Hasani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: