Luck Factor

Ada salah satu faktor untuk sukses yang bernama keberuntungan (Luck factor) yang ingin saya tanyakan, benarkan luck factor bisa dikondisikan ?

Ada sebuah contoh kasus, saya pernah terlibat dalam team recruitment salah satu perusahaan besar di Jawa Timur waktu memasuki tes administrasi owner perusahaan itu langsung mengeluarkan aturan mendasar sebelum melangkah ketahapan recruitment yaitu, Cari hanya yang shio naga saja, selain itu buang !!!
saat ada waktu yang tepat saya menanyakan ke owner tersebut mengapa ?
beliau menjawab itu berdasarkan pengalaman dan keyakinan beliau bahwa shio naga mempunyai keberuntungan bagi dirinya dan perusahaannya

Jika merujuk pada Wiseman, keberuntungan itu pada dasarnya bisa dijelaskan dengan sebuah rumus sederhana, yaitu:
Luck = preparation + opportunity
Dan Om Wiseman mengatakan bahwa pertemuan antara preparation dan opportunity sehingga bisa menjadi luck ini juga sangat didukung oleh sikap seseorang dalam menghadapi kehidupan ini.

Buku ini terus terang cukup banyak mengubah kehidupanku. Sebelum aku membaca buku itu, aku tak percaya dengan sesuatu yg dinamakan “keberuntungan”. Saat itu aku berpendapat bahwa segala sesuatu yg aku dapatkan adalah semata karena jerih payah dan tidak sedikitpun ada yg namanya keberuntungan.
Setelah membaca buku itu aku menyadari bahwa ternyata sesuatu yg disebut keberuntungan itu bisa diusahakan. Kita ternyata bisa meningkatkan munculnya peluang keberuntungan dan menangkapnya sehingga kita menjadi beruntung.

Hidupku banyak berubah setelah itu. Aku banyak menemukan dan menangkap keberuntungan demi keberuntungan.
Dulu aku pernah berhenti bercita2 untuk bisa tinggal di luar batang karena aku tak melihat adanya kemungkinan untuk itu selain keberuntungan. Dan sialnya aku tidak percaya akan keberuntungan sehingga mimpi itu aku bunuh.
Sekarang aku sudah menjadi expat dan tinggal di Kuwait. Buatku ini adalah sebuah keberuntungan karena kesempatan itu memang datang tanpa
diduga2 dan aku menangkapnya. Tentu saja aku masih punya mimpi lain, seperti tinggal di lembah silikon, negara tetangganya Bang JeHa. Mimpi ini memang sekarang belum kesampaian, namun aku sekarang percaya bahwa mimpi tinggal dan bekerja di lembah silikon bukanlah mimpi yg tidak mungkin. Aku sudah memiliki persiapan (preparation), hanya tinggal menunggu kapan preparation ini bertemu dengan opportunity sehingga menjadi keberuntungan.

Catatan ini merupakan postingan para member di milis psikologi@yahoogroups.com.

Leave a Reply

